Blue Ocean Strategy, Keunikan Bisnis Anda

Sejatinya “Blue Ocean Strategy” (strategi bisnis laut biru) ini sudah dikenal sejak tahun 2005 lalu. Saat itu berbagai acara bedah buku, seminar, sarasehan hingga diskusi informal lainnya kerap dilakukan. Oleh banyak pembicara seminar, konsep dasar strategi bisnis laut biru yang dikarang oleh W Chan Kim dan Renee Maubourgne, diperas intisarinya oleh banyak pembicara seminar menjadi pembelajaran bagaimana meningkatkan value innovation pada sebuah perusahaan.
Blue Ocean Strategy (BOS) mengajak pebisnis memasuki celah-celah inovasi yang belum terpikirkan oleh pebisnis lain sebelumnya. Inovasi bagi pebisnis adalah hal terpenting. Inovasi adalah kata kuncinya.

Dalam bahasa awam, inovasi disinonimkan dengan kreasi, atau kreativitas. Inilah kata kunci jika anda atau siapapun ingin sukses menggeluti bisnis. Harus penuh kreasi. Apa konsekuensinya jika anda tidak kreatif? Jelas bisnis anda akan terbenam dalam ‘laut merah’, seperti yang digambarkan W Chan Kim dan Renee. Karena sesuatu yang tidak kreatif pasti tidak unik, dan sesuatu yang tidak unik memiliki teman serupa yang sangat banyak jumlahnya.

Inovasi,  tidak selalu berupa inovasi teknologi, tetapi dapat berupa inovasi lain yang dapat meningkatkan  keuntungan pelanggan yang disesuaikan dengan harga jual dan biaya. Soal unik ini, ada seorang penjual soto hanya dengan ‘memainkan’ strategi gebraknya karena selalu memukulkan botol kecap ke rombongnya setiap ada pelanggan datang ia mampu memicu daya ingat pelangganya dengan menyebutnya soto gebrak. Ia pun laris. Tentu anda tidak akan ikut-ikutan cara seperti itu, karena cara itu kini sudah usang. Di level perusahaan yang lebih besar, produsen sepeda motor Yamaha mampu menyalip dominasi pasar sepeda motor yang dikuasai Honda dengan hanya memberikan sentuhan sepeda motor dengan produk yang berbeda, berupa Yamaha Mio yang bentuknya vespa bukan, bebekpun tidak.

Bagaimana dengan Laut Biru bisnis anda?

1 Response to “Blue Ocean Strategy, Keunikan Bisnis Anda”


  1. 1 nik_nik May 17, 2008 at 3:08 pm

    jadi intinya adalah inovasi dan menetapkan standar tinggi dalam pelaksanaanya..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: